Welcome!!!! Welcome!!!

Kamis, 10 Maret 2011

Saturnus, Si cantik Bercincin

Nama : Muhamad Hakim Rafsanjani
NPM : 14510579
Matematika dan IAD






        Saturnus adalah salah satu planet di tata surya. Keunikan planet ini adalah cincin yang mengelilingi planet tersebut. Planet itu berbentuk agak pipih karena disebabkan oleh rotasinya yang sangat cepat, merotasi setiap 10 jam 14 menit waktu Bumi. Sehingga diameter Khaturistiwa dan antara kutub utara dan selatan berbeda. Diameter khaturistiwa saturnus adalah 120.536km sedangkan diameter dari Kutub Utara ke Kutub Selatan sebesar 108.728 km. perbedaan ini dikarenakan kecepatan rotasi dari saturnus yang mencapai  merotasi setiap 10 jam 14 menit waktu Bumi.inti Saturnus memiliki massa jenis yang lebih besar daripada air, planet ini memiliki atmosfer yang mengandung gas, sehingga massa jenis relatif planet ini sebesar is 0.69 g/cm³ (lebih sedikit daripada air). Bagian luar atmosfer Saturnus terbuat dari 96.7% hidrogen dan 3% helium, 0.2% metana dan 0.02% amonia. Pada atmosfer Saturnus juga terdapat sedikit kandungan asetilena, etana dan fosfin.
        Inti planet saturnus tidak berbeda jauh dengan planet yupiter, pusat dari planet saturnus mencapai 14.730 °C. Besar planet saturnus dengan bumi hampir sama akan tetapi masa jenis saturnus lebih ringan. Diatas inti Saturnus terdapat bagian yang lebih tipis yang merupakan hidrogen metalik, sekitar 30.000 km. Jarak dari matahari dan saturnus mencapai 1.4 milyar km. Saturnus perlu waktu berevolusi sepanjang 29,46 tahun Bumi.

        Cincin saturnus membuat planet tersebut menjadi indah. Cincin ini menjulur 6.630 km hingga 120.700 km atas khatulistiwa Saturnus dan terdiri daripada bebatuan silikon dioksida, oksida besi dan partikel es dan batu. ada 2 teori yang menyatakan pembentukan cincin saturnus yang pertama oleh Édouard Roche pada abad ke-19, adalah cincin tersebut merupakan bekas bulan Saturnus yang orbitnya datang cukup dekat dengan Saturnus sehingga pecah akibat kekuatan pasang surut. Variasi teori ini adalah bulan tersebut pecah akibat hantaman dari komet atau asteroid. Teori kedua adalah cincin tersebut bukanlah dari bulan Saturnus, tetapi ditinggalkan dari nebula asal yang membentuk Saturnus. Keunikan lainnya pada cincin saturnus terdapat bayangan ikan pari, hal tersebut dikarenakan debu yang sangat kecil sekali yang naik keatas cincin. Debu itu merotasi dalam waktu yang sama dengan magnetosfer planet tersebut dan diperkirakan bahwa debu itu memiliki koneksi dengan elektromagnetisme. Bayangan ini ditemukan satelite observasi Voyager
        Saturnus juga memiliki keunikan memiliki benda-benda langit yang mengelilingi saturnus berupa satelit-satelit planet. Saturnus memiliki 59 bulan, 48 diantaranya memiliki nama. Banyak bulan Saturnus yang sangat kecil, dimana 33 dari 50 bulan memiliki diameter lebih kecil dari 10 kilometer dan 13 bulan lainnya memiliki diameter lebih kecil dari 50 km. 7 bulan lainnya cukup besar untuk, dimana bulan tersebut adalah Titan, Rhea, Iapetus, Dione, Tethys, Enceladus dan Mimas. Titan adalah bulan terbesar, lebih besar dari planet Merkurius dan satu-satunya bulan di atmosfir yang memiliki atmosfir yang tebal. Hyperion dan Phoebe adalah bulan terbesar lainnya, dengan diameter lebih besar dari 200 km.
        Masih banyak lagi keunikan saturnus yang belum di ketahui. semoga ilmu pengetahuan semakin cepat berkembang dan memberikan pengetahuan lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar