Welcome!!!! Welcome!!!

Rabu, 09 Oktober 2013

Sistem Informasi Psikologi, Arsitektur Komputer, Dan Struktur Kognisi Manusia

     Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi saat ini, bidang-bidang ilmu ikut serta berkembang, salah satu bidang ilmu yang di pengaruhi adalah psikologi. Dari perkembangan ilmu psikologi  muncul informasi-informasi dan data-data baru. Data dan informasi baru tersebut tidak begitu saja di terima, sehingga di butuhkan pengolahan informasi dan data untuk mengetahui kebenaran dan ke absahan data tersebut, maka munculah sistem informasi. Lalu apa yang di maksud dengan Data, Informasi dan Sistem Informasi?

Data
       Vardiansyah (2008) menjelaskan data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya
        KBBI.web.id data memiliki dua pegertian yaitu (1) keterangan yg benar dan nyata: pengumpulan -- untuk memperoleh keterangan tt kehidupan petani; (2) keterangan atau bahan nyata yg dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan)


Informasi
       Pengertian Informasi Menurut Jogiyanto HM., (1999), “Informasi dapat didefinisikansebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan”, Sedangkan pengertian Informasi Menurut Lani Sidharta (1995), “Informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan”.

Dari pengertian di atas informasi suatu bentuk data yang telah di olah serta di sajikan dalam bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya.


Sistem Informasi
       Sebelum membahas sistem informasi kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu sistem, Pengertian Sistem Menurut Indrajit (2001) mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya. definisi lain menurut Jogianto (2005) mengemukakan bahwa sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi sedangkan sistem menurut Davis, G.B, (1991) Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran. Pada pengertian tersebut dapat di simpulkan bahwa sistem adalah kumpulan komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mncapai tujuan. 
       Lalu apa yang di maksud dengan Sistem informasi? Menurut O’Brien (2005) Sistem informasi adalah suatu kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi. sedangkan menurut Laudon, Kenneth, Jane (2007) Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. 
     Menurut Budi Sutedjo Dharma Oetomo (2006) Sistem Informasi adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain untuk membentuk suatu kesatuan untuk mengintegrasi data, memproses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi tersebut.
    Dari pengertian tersebut dapat di katakan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem pengolahan informasi yang menjadikan sebuah bentuk integrasi dan pemrosesan data kemudian menyimpanya dan penyampaian informasi tsb.
       Dari sistem informasi sebagai suatu sistem dalam pengolahan informasi maka dalam ilmu psikologi juga di butuhkan sistem informasi akibat adanya informasi-informasi baru dari perkembangan zaman, sehingga munculah sistem informasi psikologi?

Sistem Informasi Psikologi
           Dalam Buku yang di terbitkan erlangga yang berjudul Psikologi ed. 9 jilid 1 menjelaskan bahwa psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental yang di pengaruhi oleh kondisi oranisme dan lingkungan eksternal. sedangkan definisi lain dalam buku Ilmu dan Aplikasi Pendidikan menjelaskan psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. menurut George A. Miller (1947, dalam Komunika) menjelaskan Psikologi adalah ilmu yang berupaya untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa- peristiwa mental dan behavioral manusia. dari penegrtian tersebut di jelaskan bahwa psikologi adalah ilmu nyang mempelajari kognisi atau proses mental dan perilaku serta interaksi manusia dengan lingkungan. dari awal mula  munculnya psikologi hingga berkembangnya ilmu tersebut hingga saat ini, telah muncul berbagai fenomena, informasi, dan cabang ilmu baru dalam psikologi maka di perlukan pengolahan data untk mengkarifikasi data-data tersebut, sehingga di terapkannya sistem infromasi dalam psikologi sebagai alat untuk pengolahan data tersebut.
             Berdasarkan penjabaran di atas maka dapat di simpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu sistem pengolahan data dan informasi yang berkaitan dengan cabang psikologis dengan tujuan menganalisis, dan mengkalirikasi data atau informasi tersebut.   

Arsitektur Komputer
            Dalam penggunaan sistem informasi psikologi tidak lepas dari alat yang digunakan  untuk memper mudah pengolahan data yaitu komputer, pada dasarnya arsitektur komputer terdiri dari hardware : perangkat keras/memiliki bentuk fisik,  firmware : semacam driver utama di sebuah device, assembler : bahasa pemrograman mesin, bahasa yg langsung beinteraksi dgn prosesor, Kernel : Komponen software yang mengenali hardware, istilahnya jembatan antara software dgn hardware, dan software sebagai bentuk alat yang digunakan dalam menjalankan sebuah program. pada dasarnya arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll) sehingga komputer dapat digunakan
            Dengan adanya komputer pengolahan data dapat dilakukan dengan cepat dibandingkan dengan cara manual, di tambah lagi dengan adanya internet yang menyediakan berbagai informasi dan fitur di zaman sekarang ini pencarian informasi dan pengolahannya bertambah mudah. adapun cara kerja komputer [Input : (Memasukan Data) > Processing (pengolahan informasi) > Output (penyajian/ penampilan hasil pengolahan)] meniru struktur kognisi manusia dalam  memproses informasi, lalu bagaimana sebenarnya struktur kognisi manusia bekerja?

Struktur Kognisi Manusia
         Seperti komputer proses pada komputer dalam struktur kognisi manusia juga terdapat input, processing dan output. bedanya adalah bentuknya input pada kognisi berupa data atau stimulus yang di terima melalui panca indra kemudian  processing di lakukan oleh syaraf dan otak manusia dan dengan hasil sebuah respon perilaku atau tangga panca indra. selain itu kognisi manu sia berbeda dengan komputer yaitu dapat bekerja sendiri tanpa ada operator seperti komputer yang memberi perintah.

         Dari pembahasan di atas dapat kita lihat pentingnya sistem informasi dalam kehidupan dan bagi ilmu psikologi, serta adanya peran arsitektur komputer dan kognisi manusia yang ikut mempermudah  kehidupan kita, ada pun fenomena dari sistem informasi psikologi saat ini, penggunaan komputer dalam industri menningkatkan kecepatan pengolahan psikolog dalam menyeleksi karyawan dengan  tes psikologi lewat komputer, pengaturan sistem penggajian dan kinerja karyawan dengan absen elektrik dll. memberikan banyak manfaat mulai dari cepatnya pemrosesan data dan banyaknya data yang dapat di selesaikan dengan data hanya dengan satu atau beberapa orang saja.
           Dari pembahasan di atas dapat kita lihat begitu bermanfaatnya sistem informasi psikologi, arsitektur komputer, dan kognisi manusia di kehidupan ini. semoga kita dapat memanfaatkan sebaik mungkin untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Daftar Pustaka
       http://books.google.co.id/books? id=UgRK0UM3d00C&pg=PA32&dq=%22psikologi+adalah%22&hl=id&sa=X&ei=pP9TUo2UAoKJrQelyICIBQ&redir_esc=y#v=onepage&q=%22psikologi%20adalah%22&f=false diakses 7 oktober 2013
http://books.google.co.id/books?id=IVJ4tuU1YvYC&pg=PA96&dq=%22psikologi+adalah%22&hl=id&sa=X&ei=RgJUUuOvGsjUrQfn1YCQBw&redir_esc=y#v=onepage&q=%22psikologi%20adalah%22&f=false diakses 7 oktober 2013
       http://books.google.co.id/books?id=TkqF8C8ffK4C&pg=PA125&dq=%22psikologi+adalah%22&hl=id&sa=X&ei=pP9TUo2UAoKJrQelyICIBQ&redir_esc=y#v=onepage&q=%22psikologi%20adalah%22&f=false diakses 7 oktober 2013
       http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
       http://informatika.web.id/konsep-dasar-sistem-informasi.htm diakses 7 oktober 2013
       http://internet.artikel2.com/pengertian-data.htm. diakses 7 oktober 2013
       http://kbbi.web.id/ diakses 7 oktober 2013
       http://kamusbahasaindonesia.org/data/mirip. diakses 7 oktober 2013
       http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-informasi-menurut-para-ahli.html. diakses 7 oktober  2013
       Solso, Maclin (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga.
       Vardiansyah, Dani. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Indeks : Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar