Welcome!!!! Welcome!!!

Minggu, 06 Januari 2013

Multikultural


       Bangsa Indonesia dikenal karena masyarkatnya yang bersifat multicultural. Beberapa faktor yang memperkaya keragaman adalah kebudayaan, adat istiadat, agama yang sering sekali menimbulkan konflik dan kita kenal dengn konflik sara, konflik tersebut dapatdihindari jika kita masing-masing individu dapat mengembangkan sikap bahwa kehidupan yang multikultural merupakan sebuahkekayaan hidup bahwa kita bisa hidup damai berdampingan dengansejumlah perbedaan-perbedaan yang terdapat pada kehidupanmasyarakat.
     Lalu apa yang di maksud dengan multi kultural? Clifford Geertz, yang meneliti Indonesia di Mojokutopada awal masa kemerdekaanIndonesia mendifenisikan masya-rakat majemuk sebagai masya-rakat yang terbagi-bagi ke dalam subsistem yang kurang lebihberdiri sendiri-sendiri, yang seti-ap subsistemnya terikat dalamikatan-ikatan yang bersifat pri-mordial. dan kenapa masyarakat Indonesia bisa di sebut masyarakat multikultural? tentu saja tidah langsung sebuah kelompok dapat di katakan multi kultural, ada pun ciri-ciri masyarakat tersebut.


    Maka masyarakat Indonesia yang multikultur dikarenakan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Adanya keanekaragaman suku bangsa, agama, dan adat istiadat 
  2. Adanya keanekaragaman budaya 
  3. Adanya keanekaragaman agama daerah 
  4. Adanya keanekaragaman sosial-ekonomi 
Selain ciri-ciri, multi kultural juga dapat di sebabkan beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan terbentuknya masyarakatmultikultural yaitu: topografi dan pluralitas regional,keadaan geografis dan pluraritas kesukuan dan letak hubungan dengan jalur lalu lintas.
     Dari penjelasan diatas kita tahu bahwa multi kultural adalah masyarakat yang terbagi dalam subsistem, dan di dalam masyarakat terdapat keaneragaman budaya, suku, mata pencaharian dan lain-lain, oleh karena itu kita harus melestarikan keanekaragaman budaya yang ada di indonesia, karena masyarakat yang multikultural juga adalag sebuah kekayaan di negeri Indonesia.




        
Daftar Pustaka
Elistant, Titin Rostini. 2009. Sosiologi 2. Jakarta : CV. Indradjaja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar