Welcome!!!! Welcome!!!

Minggu, 06 Januari 2013

Akulturasi Psikologi

       Dalam mastyarakat terdapat istilah akulturasi lalu apa yang di maksud dengan Akulturasi?Akulturasi merupakan proses sosial yang timbul bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayan asing itu lambat laun dapat diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnnya kebudayaan itu sendiri. Redfield, Linton Dan Herskovits (1936), mengemukakan "Akulturasi memahami fenomena yang terjadi ketika kelompok individu yang memiliki budaya yang berbeda datang ke continous tangan pertama kontak, dengan perubahan berikutnya dalam patters budaya asli dari salah satu atau kedua kelompok".
           
         Lalu apa itu Psikologi? dan apa hubungannya dengan Akulturasi? Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku dan kognisi manusia. Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: "ψυχή" (Psychē yang berarti jiwa) dan "-λογία" (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. lalu hubungan akulturasi dengan psikologi adalah Psikologi yang berasal dari negri barat bisa di terima di Indonesia sampai sekarang ini ilmu psikologi juga di terapkan dan di ajarkan di indonesia, selain itu psikologi berakulturasi dengan ilmu-ilmu lainnya dan menjadikan ilmu-ilmu baru, seperti psikologi klinis, psikologi lintas budaya, psikologi oorganisasi, dan lain-lain.


       Dari penjelasan di atas maka dapat dijelaskan bahwa akulturasi psikologi adalah proses peleburan ilmu psikologi dengan masyarakat di Indonesia, dan negara-negara lain, serta peleburan ilmu psikologi terhadap berbagai bidang ilmu pengetahuan sehingga muncul bidang ilmu lainnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar