Welcome!!!! Welcome!!!

Kamis, 14 April 2011

Tanaman Di Atap Rumah

Nama : M Hakim R
Kelas : 1 PA 02
NPM : 14510579
MAtematika dan IAD


          Zaman sekarang ini polusi meraja lela di mana-mana, terutama polusi udara. ditambah lagi lahan hijau semakin sedikit karena pambukaan lahan sehingga membuat semakin gersang saja bumi kita ini.belum lagi bangunan-bangunan yang di bangun, tinggi tinggi dan berkaca yang memantulkan sinar matahari lebih panas. Apa yang dapat dilakukan oleh kita untuk mengurangi polusi tersebut?? takkan mungkin kita lakukan hal besar  seperti penghijauan hutan yang menggunakan biaya besar dan orang banyak. kenapa tidak kita mulai dari lingkungan kita sendiri?
          Mulai dari mana?? dari rumah kita sendiri yang menjadi tempat tinggal kita sehari, kenapa rumah? karena padatnya dan banyaknya orang yang membangun rumah untuk mereka tinggali dan unntuk membangun rumah di butuhkan lahan yang biasanya digunakan sebagai media penyerapan air, coba pikirkan semakin banyak rumah semakin banyaklahan yang tertutupi, dan pantulan panas dari atap rumah juga membuat semakin panasnya udara di lingkugan. Lalu apa yang harus dilakukan?? Kenapa kita mencoba membuat lahan kecil di sepanjang pinggiran atap rumah yang dapat kita tanami pohon-pohon kecil yang mudah untuk di tanam sehingga bidang pantulan cahaya semakin sedikit atau terpotong-potong menjadi bagian-bagian kecil. atau kita membuat atap yang di cor dan dilapisi lapisan kendap air pada bagian atap supaya air tak merembes ke rumah, setelah di lapisi bagian kendap air berikan lapisan tanah sebagai media menanam dan kita dapat membuat kebun kecil di atas rumah, akan tetapi disarankan tanaman kecil saja yang di tanam agar akar tanaman tidak merusak tembok rumah. jangan lupa berikan saluran pembuangan air di setiap pinggiran atap. agar bila air tak terserap oleh media tanah yang tersedia, air akan mengelir lewat saluran pembuangan ke bawah rumah.
         Ya mungkin hal tersebut cukup memakan biaya, akan tetapi bandingkan nilainya dengan lingkungan yang asri bagi anak cucu kita nanti, mungkin hal terakhir yang dapat kita perbuat tanpa memakan biaya banyak adalah melapisi atap rumah kita dengan jerami agar panas yang di pantulkan berkurang, akan tetapi bila jerami sudah tidak layak maka kita pun harus menggantinya.
        Mungkin masih banyak lagi cara mengurangi polusi, hanya saja belum ada yang dapat tersosasialisasikan. semoga lingkungan kita semakin membaik keadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar